Carrot

Tuesday, 18 December 2012

Ayo Hijaukan Bumi !



Siang hari selalu identik dengan panas matahari. Bagi pemilik kegiatan disiang hari seperti kuliah siang misalnya. Pasti sulit sekali kaki ini untuk memulai aktivitas jika belum-belum kita sudah membayangkan cuaca terik yang menyengat kulit. Lain lagi bila di sepanjang jalan terdapat pohon-pohon rindang sebagai pemasok oksigen yang akan memberikan kesejukan. Tempat tujuan dengan jarak lumayan jauhpun tak akan terasa jenuh dan membosankan kala ditempuh. Selain itu polusi udara yang mengganggu juga akan tersaring dan menempel pada dedaunan hingga nantinya akan terbawa air saat hujan tiba. Itu baru segelintir manfaat adanya pohon untuk kelangsungan hidup manusia. Bagaimana? Sudah terbayang kan pentingnya keberadaan pohon tumbuh subur disekitar kita?
Manfaat lain pohon bagi lingkungan yaitu menjaga kesuburan tanah. Bagian lapisan atas tanah menjadi subur (tanah humus) karena dahan-dahan pohon mengakibatkan butir-butir air tidak langsung terjatuh ke permukaan tanah ketika hujan turun. Dan butiran air tersebut tidak lagi mampu merusak dan menggerus lapisan tanah bagian atas. 
Buah dari penanaman pohon juga dapat dinikmati ataupun dijual. Tidak hanya itu, dari akar, daun, buah, batang pohon hingga getahnya dapat dijadikan obat seperti pil kina yang dibuat dari kulit pohon. Daun jambu biji penyembuh diare, buah belimbing untuk menurunkan tekanan darah. Buah mahkota dewa dipercaya sangat bermanfaat sebagai obat berbagai penyakit, antara lain sebagai anthistamin penangkal energi. Akar pohon mengkudu atau disebut juga pace, ternyata bisa untuk menyembuhkan sakit gigi, sedangkan getah pohon tertentu bisa dipakai menghentikan pendarahan. Getah pohon kamboja juga berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada luka, mengobati gusi bengkak, serta gigi berlubang. Obat-obatan tradisional ini manfaatnya sudah terbukti tetapi belum teruji secara klinis. Manfaat terbesar dari sebuah pohon adalah kayu. Kayu pohon banyak dibuat peralatan dan perabot rumah tangga. Kursi, lemari, meja dan tempat tidur yang berkwalitas baik dibuat dari kayu jati.
Banyak orang yang sudah tahu pentingnya manfaat pohon tapi baru memerhatikannya setelah dampaknya baru terasa. Memang tidak ada kata terlambat untuk melindungi dan menyelamatkan bumi ini. Namun kita tidak hanya menanam pohon saja tetapi juga melindungi dan merawatnya karena setiap orang bisa menanam pohon tapi tidak setiap orang bisa melindungi dan merawat pohon karena saat melindungi dan merawat itulah dibutuhkan usaha dan kesabaran dari kita.
        Bertepatan dengan Desember sebagai bulan menanam pohon maka AYO  MENANAM POHON MULAI DARI SEKARANG !!! Dan mari saling menghimbau serta mengajak saudara-saudara kita lainnya untuk ikut serta dalam menanam dan melindungi pohon di sekitar lingkungan. Anak kecil juga sebaiknya ikut serta sejak dini supaya dapat belajar melestarikan lingkungannya. Semakin banyaknya pohon di muka bumi akan mengurangi efek pemanasan global dan juga dapat membuat udara tetap terjaga kebersihannya, kesegarannya, dan kenyamanannya. Dengan menanam pohon berarti kita sudah menunjukkan kecintaan kita pada bumi pertiwi.  Seperti sebuah rambu-rambu pelestarian hutan di Taman Nasional Gunung Leuser “Satu Pohon Pun Berarti” jadi segeralah lestarikan bumi !!! Kalau bukan kita siapa lagi ?? ^^

38 comments:

hana sugiharti said...

wahhh ana rajin euyy :D

Zeal*Liyanfury said...

iya betul, kalau bukan kita siapa lagi hayoo...
menanam yuuuk.. *eh, ikut-ikutan ngomporin hehe...

seneng ada yang baru lagi di sini ^_^
btw, kaka baru tau kalau pohon kamboja bermanfaat seperti itu.
jadi inget waktu kecil... kamboja kan biasanya tumbuh dipemakaman
nah, kalau melihat pohon kamboja yang terbayang tuh ya yang serem-seremnya aja hihi..
thank's deh postingannya bermanfaat sekali :)

aqomadin said...

ayo tanam tanam... semoga semakin sadar ya masyarakat kita betapa pentingnya ntu pohon...
salam kampanye ngeblog SBO solid :)

khaerul al-azmi said...

Kalau bukan kita, lantas siapa lagi?

Yups bener banget, so mari kita mulai menanam,menjaga serta melestarikan pohon yang ada di sekitar kita demi masa depan dunia.

Artikel yang mantap.

Niken Kusumowardhani said...

suamiku habis nanam pohon, mangga, belimbing, rambutan dan jeruk...
Hmmm... kayaknya 3 tahun lagi bisa memetik buah...

Catatan Harian Irfan said...

Bumi semakin panas ini menandakan bahwa lapisan ozon sudah menipis dan sinar dari matahari sudah tidak ada lagi yang menyaringnya karna lapisan ozon nya semakin menipis. go green Indonesia :)

IrmaSenja said...

Inspiring anna, yuk kita hijaukan bumi kita :)

rumah buku said...

meskipun tumbuhnya 5 tahun lagi besarnya, tapi tetep harus qt mulai dari sekarang ... kita buat acara bareng nanem pohon yu ??

Ace Maxs said...

Wah Rajin c.mba..keren
salam kenal mba..:)

Ben Nafi said...

Whoaa...
ane ikutan yaah... :)

Glen Tripollo said...

Ayo nanem pohon yg banyak biar jalanan makin sejuk! :D

De limpai said...

mencegah lebih baik dari pada mengobati.. :D

Srulz said...

Ayo.. Ayo.. ayo.... ^^

Bang Oi said...

rumah gue lahannya udah pada abis.
cuma bisa nanem pohon2-an doank jadinya.
haha

ika koentjoro said...

Kalo lahannya habis pake cara vertikultur aja

Putra said...

Mulai dari kita, mulai dari yang kecil, mulai dari sekarang.
Seimbangkan bumi.

gps said...

Nice post..
ku berkunjung sambil silaturahmi:)

zaairul haq said...

sippp...follwo berhasil...follow back y

Hasana Annas said...

heheehe gak juga kok kak :)

makasih telah singgah :)

Hasana Annas said...

yuhuu kak fury,,,
senang juga kk hadir lagi disini...

iya ka, itu manfaat pohon kamboja,,
yah baru tau yahhh untung baca postingan ku yaa
heheheh

Hasana Annas said...

yupss makasih :)

salam solid jugak :)

Hasana Annas said...

hehehe makasih :)

Mari budayakan menanam pohon ^^

Hasana Annas said...

waw enak tuh kak,

sabar ya kak menanti buahnya :)

Hasana Annas said...

Betul banget bang irfan ^^

Jangan lupa tanem pohonnya ya !! :D

Hasana Annas said...

thanks ka irma,, yupss let's go !!

Hasana Annas said...

yak bener tuh, jangan hanya mengincar manfaatnya tapi malas untuk memulai..

ayuuk,, beneran nih?

Hasana Annas said...

wah mas/mba makasih ya...

ini hal biasa kok :)

salam kenal juga ya :)

Hasana Annas said...

Iyapp... monggo :)

Hasana Annas said...

Siip kak laksanakan !! hhehe

Hasana Annas said...

Siip (Y) !!

makasih udah berkunjung ..

Hasana Annas said...

hhehehe :)

Hasana Annas said...

Bang Oi : Bener tuh kata ka ika :)

Hasana Annas said...

Ka Ika : sipp setuju deh sama kakak :)

Hasana Annas said...

Setuju ^^

wahh keren kata-katanya :D

Hasana Annas said...

Makasih sudah berkunjung :)

Hasana Annas said...

Oke ... tunggu ya ^^

Penghuni 60 said...

postingannya sama...
ayo GO GREEEN!!!!
:D

saifudin abu izzudin said...

nice day :)
hargailah hari kemaren,
mimpikanlah hari esok,
tetapi hiduplah untuk hari ini.
bagi-bagi motivasinya yaah...

http://wisataoutboundmalang.com/

http://www.nolimitadventure.com/