Carrot

Thursday 1 May 2014

Keajaiban Rezeki - Tasaro GK





Judul Buku          : Keajaiban Rezeki

Jenis Buku           : Novel

Penulis                 : Tasaro GK

Penerbit               : Mizania

Cetakan               : Februari 2013

Bahasa                 : Indonesia

Tebal Buku          : 373 Halaman

No ISBN             : 978-602-9255-32-4


Novel ini terinspirasi dari buku-buku Ippho “Right” Santosa, beliau adalah pakar otak kanan yang telah banyak memotivasi pengusaha-pengusaha muda.  Beliau dikenal publik sebagai Penulis mega-bestseller (masuk MURI), pembicara internasional (di berbagai benua) dan pendiri SD Khalifah, TK Khalifah, dan Khalifah Daycare (totalnya 100-an cabang se-Indonesia).
 
Sebelum membaca novel ini, saya kira akan membosankan karena isinya pasti telah terdeskripsikan dalam buku-buku karya Kang Ippho Santosa. Namun, ternyata dugaan saya salah karena novel ini penuh imajinasi dan menginspirasi walaupun direalisasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Novel ini dapat membantu kita untuk menerima tujuan apa yang terkandung di dalamnya, salah satunya berbagi rahasia tentang warisan nabi.

Tersebar beberapa tokoh yang kuat dalam novel ini. Sebut saja Bas, Habbar, Ats, Gangsa, dan Adon adalah lima sahabat yang hidup dibawah satu atap : Vila Kayu di dataran tinggi Lembang. Lima bujangan, Lima kehidupan dan Satu rahasia yang mereka jaga bersama-sama. sampai suatu hari, perubahan besar terjadi dalam kehidupan tentang mereka : serentak dan penuh misteri.

Gadis misterius yang selalu duduk di bangku 13 pada setiap penampilan stand up comedy Bas, pengirim email tanpa nama yang meneror Habbar, tamu tengah malam yang mengunjungi toko buku Ats, eksekutif eksentrik yang menemani perjalanan kereta Gangsa dan Pakar otak kanan yang memukau Adon.   

Rangkaian kejadian itu megantarkan mereka pada perburuan harta yang ribuan tahun sudah usianya. Pusaka yang memudahkan hidup, memakmurkan orang-orang yang mengetahui kunci-kuncinya. 

Tokoh-tokoh yang hadir dalam novel ini dapat diceritakan dengan menarik dan saling berkaitan. Gaya bahasa yang unik, tidak kaku ditambah dengan sajian humor pada setiap bagiannya akan membuat siapapun tidak bosan untuk membaca novel ini hingga selesai. Penulis mampu mempertahankan rasa penasaran pembaca hingga akhir cerita.

Melalui novel ini, saya turut merasakan suka dan duka kehidupan dalam villa kayu itu. Semua rasa bahagia, sedih, kacau, dan bimbang ada waktunya, yang terpenting adalah ketika kita berusaha mempertahankan semua rasa yang sedang hinggap dalam satu kata “kebersamaan”.

Keajaiban Rezeki yang ditulis oleh Tasaro GK adalah sebuah eksplorasi menantang karena temanya yang mengulas entrepreneurship dalam nuansa komedi situasi. Keajaiban rezeki adalah sebuah kampanye sedekah sebagai gaya hidup sekaligus humor sebagai bumbu dalam kehidupan. 

Novel ini memberikan saya pemahaman lebih tentang betapa pentingnya penggunaan otak kanan. Otak kanan paling gampang menerima ajaran agama, khususnya islam. Dengan memakai otak kanan, jiwa tenang, bisnis jalan.

Misalnya, supaya sehat, apa yang diajarkan agama islam? Kita disuruh untuk puasa, shalat Tahajud, dan bersedekah. Tidak masuk akal bukan? Itu kata otak kiri. Otak kanan beda lagi. Supaya rezeki bertambah, apa yang diajarkan agama? Kita disuruh bersedekah, shalat Dhuha, Tahajud, istighfar, zikir, bertawakal, bersyukur, dan menikah. Itu sangat tidak masuk akal, kata otak kiri. Otak kanan beda lagi.

Sangat disarankan untuk membaca novel ini, tidak hanya kaya akan pengetahuan, novel ini dapat menambah keimanan kita kepada Illahi Rabbi dengan yang mereka sebut warisan nabi itu. Sesuatu yang akan merombak cara berpikir seseorang.

Bukankah saat diwisuda, rektor akan memindahkan tali topi wisudawan dari sebelah kiri ke sebelah kanan? Itu artinya, selamat tinggal dunia kampus yang kiri, selamat datang dunia nyata yang kanan. Bagaimanapun, isi dalam novel ini mampu membuat perubahan dalam konsep seseorang yang membacanya.

*Tulisan ini merupakan tugas resensi novel Forum Lingkar Pena Jakarta - Pramuda 18

1 comment:

Gia Ghaliyah said...

Hi Anna.. Blog mu indah sekali :)) Aku mau belajar banyak dari mu dooong :D
Waaah ternyata bloggers shout out juga yaaa..
Sudah ku follow yaaa
Salam Kombun :)
Anna ikut kopdar dooong hihi